Ketua MGMP Ajarkan Mudahnya Sanskerta

Jumat (7/12/2018) lalu Ketua MGMP PAH SMP Provinsi Jawa Timur, Miswanto memenuhi undangan dari KKG-MGMP PAH Kabupaten Pasuruan untuk memberikan pelatihan Bahasa Sanskerta kepada para guru Agama Hindu di wilayah Kabupaten Pasuruan. Dalam kesempatan itu, Staf Pengajar Bahasa Sanskerta di STAH Shantika Dharma Malang ini menyampaikan materi bertajuk Subodham Samskrtam, Mudahnya Belajar Sanskerta.

Kegiatan yang dilakukan selama 1 hari ini, bertempat di Lab Komputer SMAN 1 Tosari, Pasuruan. Miswanto mengajarkan bahasa Sanskerta kepada seluruh peserta dengan metode TANDUR (Tanamkan-Alami-Namai-Demonstrasikan-Ulangi-Rayakan). Dengan metode ini, peserta diajak berkomunikasi dengan bahasa Sanskerta, bernyanyi, hingga menggerakkan seluruh badan dengan alunan Sanskerta.

Dalam Pelatihan itu, peserta diajarkan berbicara dengan bahasa Sanskerta, misalnya cara memperkenalkan diri, salam, menanyakan kabar, alamat, minta tolong, minta maaf, bertanya tentang kegiatan, dan sebagainya. Peserta juga diajarkan menghafal Samskerta Warnamala dengan cara menyanyikannya. 

Miswanto berpesan kepada seluruh Guru Agama Hindu bahwa Bahasa Sanskerta adalah bahasa yang komunikatif. Oleh karena itu sebagai Guru Agama Hindu kita harus bisa mengembalikan dan mengembangkannya sebagai bahasa pergaulan (सम्भषनं), अभ्यसेन वयं संस्कृतं पठमः ॥ (dengan membiasakannya kita belajar Bahasa Sanskerta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *