Ketua MGMP PAH SMP Buka Workshop Pembuatan Media Pembelajaran

Sabtu (15/9/2018) lalu, Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu tingkat SMP (MGMP PAH SMP) Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Agama Hindu Berbasis  IT bertempat di Pasraman Dharma Bhakti Kota Probolinggo. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta yang merupakan Guru Agama Hindu SMP dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Pasraman Dharma Bhakti Kota Probolinggo dipilih karena tempat ini sangat strategis dan sudah layak untuk dijadikan sebagai tempat pelatihan. Dengan ruang kamar sebanyak 12-15 ruangan, Pasraman ini sangat cocok untuk mengadakan kegiatan yang pesertanya tidak lebih dari 20 orang. Untuk ruang kamar yang bisa dijadikan sebagai akomodasi oleh peserta merupakan milik Asram Hare Krisna yang kebetulan bersebelahan dengan Pasraman Dharma Bhakti.

Sementara itu Pasraman Dharma Bhakti ini sekaligus merupakan kantor terpadu dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan Pura Dharma Bhakti, Kantor Yayasan, dan Kantor PHDI Kota Probolinggo. Karena bertempat di tengah kota dan jalan besar (Gubernur Suryo), maka pasraman ini cukup layak untuk tempat pelaksanaan pelatihan dalam skala kecil.

Peserta workshop sudah memadati lokasi acara pada Sabtu Pagi (15/9/2018). Sekitar jam 06.00 waktu setempat hampir semua peserta sudah check in di kamar masing-masing. Setelah itu peserta mendapatkan makan pagi dari panitia. Jam 07.00, acara pembukaan sudah dimulai dan dibuka secara resmi oleh Ketua MGMP PAH SMP Provinsi Jawa Timur, Miswanto, S.Ag. M.Pd.H.

Dalam sambutannya Miswanto, mengatakan bahwa kegiatan workshop tersebut bertujuan untuk melatih guru-guru agama agar terampil dalam membuat media pembelajaran berbasis IT secara menarik. Dia juga menjelaskan kepada peserta bahwa dalam kegiatan tersebut, peserta akan dipandu oleh para instruktur baik dari IP, IK, LPMP dan MGMP itu sendiri.

Usai memberikan sambutan, Ketua MGMP PAH SMP Provinsi Jawa Timur yang juga Wakil Sekjen Pandu Nusa itu membuka acara secara resmi dan menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta dari Banyuwangi (Viky Retnowati, S.Pd.H) dan Blitar (Dharmawan Bayu Kusuma, S.Pd.H). Selain itu Wakil Sekretaris PHDI Provinsi Jawa Timur ini juga memberikan seminar kit (ATK, paper bag, bulpoin, bundel materi, dan block note) kepada perwakilan peserta (admin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *