Serba-serbi Ujian Praktik Agama Hindu di Jawa Timur

Sebelum melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tulis, sebagaimana telah ditetapkan dalam POS USBN Tahun 2019, maka sekolah wajib melaksanakan Ujian Praktik. Pelaksanaan Ujian Praktik ini tentu mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di masing-masing sekolah.

Beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jawa Timur saat ini sudah melaksanakan beberapa Ujian Praktik. Sebagai contoh di SMP Tri Murti 2 Wagir, Kabupaten Malang melaksanakan Ujian Praktik Agama dan Upakara.

Ujian Praktik Agama dan Upakara di SMPN Tri Murti 2 Wagir

Ujian Praktik Agama dan Upakara di SMP Tri Murti 02 Wagir ini dipandu langsung oleh Istianah, S.Ag., selaku Guru Mata Pelajaran Upakara di sana. Menurutnya Ujian Praktik ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar daya serap anak dalam menguasi keterampilan keagamaan Hindu. Selain Praktik Membuat Upakara, anak-anak juga melaksanakan Ujian Praktik Sembahyang.

Senada dengan SMP Tri Murti 02 Wagir, SMPN 1 Sumber, Kabupaten Probolinggo juga melaksanakan Ujian Praktik untuk peserta didik kelas IX. Pada tahun ini, anak-anak dari Negeri Di Atas Awan ini diberikan Ujian Praktik Upakara, Sembahyang, dan Membaca Weda. Menurut Sujarwo, S.Pd.H., dengan praktik ini, siswa diharapkan lebih terampil dalam melaksanakan ajaran-ajaran agama Hindu. “Jadi mereka tidak hanya pandai berteori, tetapi juga praktek, tuturnya.

Anak-anak Berselfi Ria Usai Ujian Praktik Agama Hindu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *